POLINES SELENGGARAKAN PELATIHAN PENGELOLAAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN SOFWARE EDMODO UNTUK GURU-GURU SMPIT PAPB KOTA SEMARANG

Sebagai salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Politeknik Negeri Semarang dalam hal ini diwakili oleh dosen pengajar Program Studi Teknik Informatika melaksanakan kegiatan pelatihan E-Learning menggunakan software Edmodo untuk guru-guru SMPIT PAPB Semarang. Kegiatan Pelatihan tersebut dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali  pada tanggal 24 dan 31 Agustus 2019 di ruang serbaguna SMPIT PAPB Semarang. Kegiatan Pelatihan dilakukan dengan pemberian materi oleh Slamet Handoko, S.Kom, M.Kom tentang pengantar E-Learning meliputi media pembelajaran  E-Learning, software pendukung pembuatan E-Larning, dan langkah-langkah pembuatan dan pengelolaan media E-Learning serta tentang pengoperasian software Edmodo untuk membuat media E-Learning.

Setelah penyampaian kedua materi tersebut dilanjutkan penjelasan instalasi software Edmodo pada komputer, dan demo pembuatan E-Learning. Setelah sesi instalasi dan demo software Edmodo selesai, dilanjukan dengan sesi pelatihan dan praktik yang dipandu oleh para mahasiswa program studi Teknik Informatika  Polines yaitu Zani Kolina (kelas 2) dan Dinta Aditya Fauzi (kelas 3). Pada sesi ini para peserta pelatihan diberi tugas membuat bahan ajar multimedia pada komputer masing-masing dengan dipandu oleh instruktur dan para asisten. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dalam rangka pengadian masyarakat ini telah menghasilkan luaran berupa 20 orang guru yang memahami penggunaan teknologi pembuatan media E-Learning menggunakan software Edmodo, dan dari jumlah tersebut sebanyak 13 orang guru yang bisa menyelesaikan pembuatan media E-learning menggunakan software Edmodo.

Selain mengadakan kegiatan pelatihan, Politeknik Negeri Semarang juga memberikan bantuan peralatan pengdukung E-Learning berupa unit komputer, perangkat audio, dan access point kepada pihak SMPIT PAPB Semarang. Penyerahan bantuan peralatan diwakilkan oleh Tri Raharjo Yudantoro, S.Kom, M.kom selaku ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat.