Tim Pengabdian Jurusan Administrasi Bisnis Polines Berikan Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran pada UKM Dapur Jawi Semarang

UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan pembangunan ekonomi di Indonesia. Tidak hanya itu, UMKM juga berperan dalam mensejahterakan masyarakat. Hal ini dikarenakan UMKM sangat dekat dengan masyarakat, apalagi Indonesia memiliki banyak UMKM. Banyaknya jumlah UMKM di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peluang yang besar dalam upaya peningkatan pembangunan ekonomi di Indonesia melalui peran UMKM.

Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus bagi UMKM untuk memaksimalkan peluang tersebut. Salah satu jenis UMKM yang paling diminati oleh masyarakat adalah kuliner. Tim Pengabdian masyarakat Polines yang diketuai oleh Iwan Hermawan bekerjasama dengan UMKM di Kota Semarang yang bergerak di bidang kuliner yaitu Usaha Catering Dapur Jawi.

"Melalui penyediaan alat produksi dapat meningkatkan kapasitas produksi. Peningkatan kapasitas produksi dapat meningkatkan jumlah penjualan. Peningkatan jumlah penjualan akan meningkatkan keuntungan. Selain itu, diperlukan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan pengayaan kreasi makanan.Dengan kreasi makanan yang beragam dapat meningkatkan minat konsumen sehingga memiliki banyak pilihan menu dan tidak merasa bosan dengan menu yang disediakan. Melalui peningkatan kapasitas produksi dan pengayaan kreasi pangan diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar." Ujar Iwan Hermawan Selaku ketua Pengabdian.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan kegiatan wawancara sebagai bentuk kegiatan survey kepada mitra agar dapat mengidentifikasi masalah yang ingin diselesaikan serta solusi yang akan diterapkan pada pelaksanaannya. Kegiatan ini menghasilkan kesepakatan dengan mitra yaitu pemilik Usaha Bisnis Catering Dapur Jawi yaitu penyediaan alat-alat penunjang produksi, dimana bila terdapat keragaman dan
kelengkapan alat produksi diharapkan produksi yang ada mengalami peningkatan dari sebelumnya. Selanjutnya diskusi ini juga menghasilkan perlu diadakannya pelatihan untuk pengkayaan variasi produk yang ada di Catering Dapur Jawi dan pelatihan ini dapat bermanfaat untuk mitra dan lingkungan sekitar mitra. Kemudian kesepakatan lain yang didapatkan adalah perluasan pemasaran produk dengan melakukan pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran yang mana diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pasar mitra. Pelaksanaan kegiatan survey dan diskusi ini bertempatan di rumah produksi mitra Catering Daput Jawi yang beralamat di Jalan Palebon Tengah 1B nomor 6 RT02/11, Kelurahan Palebon, Pedurungan Kota Semarang.