Tim Pengabdian Masyarakat Program Magister Terapan Teknik Telekomunikasi Polines membantu peningkatan pemasaran produk Bank Sampah Catur Manunggal Purwodadi melalui Digital Marketing

Salah satu bank sampah yang sangat aktif bahkan berprestasi adalah Bank Sampah Catur Manunggal (BSCM) yang beralamat di Jalan Getas Pendowo Rt.04 Rw.07 Kel.Kuripan Kec.Purwodadi Kab.Grobogan. BSCM yang telah dirintis sejak tahun 2017 ini tidak hanya bermanfaat bagi warga kota Kuripan dari aspek ekonomi dan lingkungan, namun juga mengundang prestasi tingkat Kabupaten sampai ke Tingkat propinsi. Aktifitas yang telah dilaksanakan oleh BSCM antara lain adalah Pembuatan dan penanaman Komposter cair, Pembuatan daur ulang sampah tas bahan dari bungkus kopi instan, pembuatan hidroponik, dan pembuatan kerajinan daur dari botol aqua.

Penerapan pemasaran melalui teknologi TIK terhadap produk BSCM diyakini akan semakin meningkatkan profit BSCM. Tim pengabdian masyarakat P3M Politeknik Negeri Semarang mencoba memberi solusi melalui penerapan digital marketing. Sistem ini dibangun untuk memperluas metode pemasaran produk yang sebalumnya masih dilakukan secara manual. Tim pengabdian diketuai oleh Dr. Amin Suharjono, ST.MT dan beranggotakan dosen di prodi MTr. Teknik Telekomunikasi Polines yang dibantu oleh Mahasiswa dan staf pendukung.

Tim mengimplementasikan lapak marketplace dengan akun BSCM. Untuk membantu pemahaman cara kerja sistem dan cara penggunaannya, tim pengabdian melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada tim pengelola dan perwakilan nasabah di Kantor BSCM Jl. Geta Pendowo, Purwodadi. Pada akhir kegiatan dilakukan serah terima aplikasi system dari tim pengabdian yang diwakili ketua tim, Dr. Amin Suharjono kepada Direktur BSCM Ali Anwar. Dalam kesempatan tersebut, ketua tim berharap aplikasi system yang dibangun dimanfaatkan secara optimal sehingga dapat meningkatkan kinerja BSCM. Direktur BSCM sangat antusias menerima bantuan dan berharap Kerjasama terus berlanjut di masa yang akan datang.