POLINES BERIKAN PENDAMPINGAN TTG UNTUK DUKUNG PEMBERDAYAN WARGA BINAAN PANTI PELAYANAN SOSIAL PGOT ‘MARDI UTOMO’

Penerapan Iptek Canting Batik Elektrik Untuk Pemberdayaan Warga Binaan Dalam Usaha Produksi Kain Batik Di Panti Pelayanan Sosial PGOT ‘Mardi Utomo’ Semarang I Kelurahan Kramas Kecamatan Tembalang Semarang adalah kegiatan yang bertujuan memberikan ketrampilan tambahan dalam membuat kain batik, khususnya batik tulis, dengan menggunakan canting batik elektrik. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah ibu- ibu/perempuan yang berada di bawah binaan panti, yang selama ini telah dibekali dengan ketrampilan membatik dengan teknik ciprat.

Target khusus yang akan dicapai dari kegiatan ini adalah peningkatan ketrampilan warga binaan, khususnya ibu-ibu/perempuan, dalam membuat batik tulis dengan menggunakan canting batik elektrik yang baik dan benar, sehingga akan memberi nilai tambah pada kain-kain batik yang dihasilkan.

Karena dalam situasi pandemi Covid 19, pelaksanaan kegiatan sementara ini dilakukan hanya untuk para pembina yang berjumlah 6 orang, diharapkan melalui pembina yang sudah terampil menggunakan canting batik elektrik ini kemudian dapat mengajarkan kepada warga binaannya, sekaligus mempraktikkan dalam membuat kain batik tulis. Untuk mencapai target dari kegiatan ini dilakukan dengan penyuluhan, pengenalan jenis-jenis canting dan pelatihan menggunakan canting batik elektrik sesuai kebutuhan membatik, misalnya untuk nyanting, nglowong dan nemboki, semua dilakukan dengan ukuran canting yang berbeda.

Diharapkan setelah pelatihan ini warga binaan mempunyai ketrampilan dalam membuat batik tulis menggunakan canting batik elektrik dan apabila telah kembali kemasyarakat dapat memanfaatkan ketrampilan ini meningkatkan taraf hidupnya.