TIM PENGABDIAN POLINES BANTU PENERAPAN TEKNOLOGI DAN PENINGKATAN KUALITAS PEMBIBITAN TERNAK ITIK MILIK ALUMNI DI WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI

Pati - Bapak Supirso pemilik Usaha Peternakan Itik dan Produksi Telur Asin “Punakawan” usia 34 tahun adalah alumni jurusan teknik mesin Politeknik Negeri Semarang. Setelah lulus dengan ijazah D3 merantau bekerja dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya dengan gajih mencapai dua digit saat itu. Namun jiwa wirausahanya lebih kuat sehingga sejak 2010 memutuskan untuk melanjutkan usaha orang tua, dikembangkan lebih maju, lebih besar agar mempunyai keunggulan usaha berbasis kebutuhan masyarakat.

Peternakan itik yang dimiliki oleh mitra Punakawan ini masih sederhana yaitu dengan pemanasan lampu listrik dan saat waktu tertentu secara manual diputar posisi telur agar panasnya merata. Dengan kondisi ini prosentasi gagal tetas cukup tinggi sampai 30% belumlagi kalua listrik PLN padan tingkat kegagalan lebih tinggi lagi. Berdasarkan permasalahan tersebut Tim Pengabdian Polines yang diketuai Dr.Ir. Suharto, MPd brikan bantuan teknologi dengan pengadaan sarana dan prasarana pelatihan dan pendampingan dalam penerapan teknologi pembibitan itik otomatis dan pelatihan pengoperasiannya.

Bantuan teknologi yang diberikan berupa mesin penetas telor otomatis, dan pendampingan usaha yang modern dengan pembukuan yang benar,pemasaran lansung dan pemasaran on-line, dan manajemen mutu yang berdasarkan kepuasan konsumen.