Polines Dukung Penerapan Teknologi Tepat Guna melalui Bantuan Mesin Produksi dan Media Pemasaran Online ke UMKM Opal Interior Accessories , Juwana, Pati, Jawa Tengah

Semarang - Polines sebagai salah satu perguruan tinggi negeri vokasi di Indonesia selama ini berkomitmen dalam Mengembangkan pengetahuan terapan bidang teknologi dan bisnis yang memajukan penerapan teknologi di industri dan masyarakat. Salah satunya adalah lewat kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Melalui Kegiatan Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Yang Didanai Oleh Kemenristek /BRIN Polines bantu penerapan teknologi dengan memberikan bantuan Mesin Produksi dan Media Pemasaran Online ke UMKM Opal Interior Accessories , Juwana, Pati, Jawa Tengah.

Juwana merupakan sentra kerajinan logam yang menjadi salah satu  produk andalan Kabupaten Pati .UMKM Opal Interior Assesories adalah salah UKM yang memiliki kerajinan berbahan logam yaitu kawat ulir  di Kabupaten Juwana dengan desain yang unik. Produk – produk hasil kerajinan yang dihasilkan  diminati tidak hanya customer dipasar nasional tetapi juga customer dipasar internasional. Beberapa permintaan pasar internasional yang sudah diterima melalui rekanan UKM Yogyakarta yaitu dari Belanda, Malaysia, Jepang dan Cina.

Namun dalam melakukan produksinya UMKM mitra masih menemui beberapa kendala seperti kebutuhan peralatan yang mendukung kualitas dan kuatitas produksi. Perlu upaya penerapan teknologi dalam meningkatkan produksi dan pemasaran.

Permasalahan tersebut menjadikan tim pengabdian masyarakat Politeknik Negeri yang diketai Dr.Jumi, S.Kom, M.Kom dan beranggotakan Dr. Ir Tejo Mulyono MT serta Drs.Paryono,SST, MT memberikan  bantuan mesin pemotong kawat, Mesin Bur, re-design layout produk dan Piranti pemasaran online kepada UMKM “Opal Interior Accesories” yang berlokasi di Juwana, Kab. Pati, Jawa Tengah.

“Dengan adanya bantuan peralatan produksi dan pemasaran yang disertai training penggunaan, maka produksi UKM Opal interior accessories tersebut meningkat baik jumlah produk maupun mutunya serta jangkauan pemasaran semakin luas dan meningkat secara signifikan.” Ujar Dr.Jumi M,.Kom selaku ketua program pengabdian.