Tim Pengabdian Polines Terapkan Teknologi Tepat Guna dalam memanfaatkan potensi mikrohidro di kawasan wisata Semirang desa Gogik Kabupaten Semarang

Desa Gogik memiliki kawasan wisata Sumirang, selain keindahan alam pegunungan,lokasi sangat cocok dimanfaatkan untuk bumi perkemahan dan kegiatan outbound.Kendala yang dihadapi untuk mengembangkan kawasan wisata sumirang adalah belum tersedianya sumber Listrik. Sehingga pemanfaatan untuk bumi perkemahan dan outbound belum bisa dilaksanakan. Untuk mengatasi permasaahan tersebut Polines melalui tim pengabdian kepada masyarakat berikan pendampingan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pemanfaatan potensi kawasan wisata semirang.

" Kendala ini dapat diatasi dengan penerapan Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh)karena di lokasi ini terdapat potensi mikrohidro yang dapat dimanfaatkan. Untuk mewujudkan PLTMh ini telah dilakukan identifikasi dan survey potensi di lokasi kawasan wisata sumirang melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat DIPA Polines tahun 2017. Data-data luaran kegiatan pengabdian tahun 2017 akan digunakan sebagai landasan kegiatan pengabdian". Ujar Sahid ST, MT Selaku ketua Pengabdian dari Teknik Konversi Energi jurusan Teknik Mesin Politekniknik Negeri Semarang

Pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan Rancangan reservoir kecil atau Forebay untuk Pembangkit listrik memanfaatkan potensi mikrohidro di kawasan wisata Semirang desa Gogik Kabupaten Semarang. Langkah yang akan dilakukan meliputi perancangan spesifikasi reservoir berdasarkan hasil studi yang telah dilakukan, pembangunan reservoir, dan installing PLTMh di lokasi wisata. Selain itu juga akan dilakukan pelatihan operasi dan pemeliharaan bagi operator. Tahapan akhir adalah Pelaksanaan operasional yang akan didampingi oleh tim pelaksana pengabdian.Pada tahapan ini akan dilakukan pengukuran kinerja sebagai langkah evaluasi kegiatan. Pengukuran kinerja meliputi kinerja produk teknologi, dengan cara mengukur daya input dan output PLTMh, dan kinerja operator yang meliputi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dalam mengoperasikan PLTMh.

" Reservoir kecil yang dibuat belum bisa digunakan untuk pembangkitan. Evaluasi digunakan bak penampung sehingga listrik yang dihasilkan dapat diperkirakan. Estimasi Total energi listrik yang dihasilkan 1.236 Vah dan dapat digunakan untuk 3 titik lampu jalan, 1 titik lampu Pos jaga, lampu Toilet, dan Musholla" pungkas sahid.