Polines Dukung Pengembangan Produk Daerah Melalui PPPUD Kopi Temanggung

Temanggung - Kopi sebagai produk unggulan Kaupaten Temanggung memiliki nilai ekonomi startegis yang cukup tinggi namun demikian, potensi ini belum dioptimalkan oleh pelaku usaha (UKM) kopi Temanggung. Kelompok Tani (KUB) Margo Rahayu dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kopi Posong desa Tlahab Kecamatan Kledung,Kabupaten Temanggung memiliki permasalahan yaitu pada aspek teknologi dan aspek
manajemen. Mitra pelaku usaha kopi ini belum memahami pentingnya menjaga kualitas produk,belum memahami pendekatan produksi secara efektif. Standarisasi, diversifikasi dan inovasiproduk belum tertangani secara optimal, keterbatasan jumlah produksi karena keterbatasan tenagapengolah, rekam jejak atau record data yang rapi dalam manajemen dan administrasi, dan masih terbatasnya pasar sasaran lokal dan global.

Polines melalui tim pengabdian PPPUD yang diketuai oleh Dr.Ir Suharto, MPd dengan anggota Ir. M.Muqorrobin, MT, Dr.Sugeng iriyanto, MPd dan Sam'ani, SE, MM berupaya mengembangkan Kelompok Tani Margo Rahayu sebagai budidaya dan pengolahan kopi dan UKM Kopi Posong sebagai budidaya, pengolahan, dan perdagangan produk kopi agar meningkatkan kualitas, kapasitas produksi,perluasan jejaring pemasaran, dan daya saingnya. Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Kopi di Temanggung merupakan skema kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia. Program ini hasil kompetisi nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra kelompok masyarakat/UMKM yang berperan memacu pertumbuhan produk/jasa unggulan daerah untuk pasar dalam negeri dan pasar global; serta untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk/jasa agar berdaya saing tinggi dengan tetap berpijak pada keunikan/ciri khas daerahnya.

Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah Sosialisasi program PPPUD,  Pelatihan teknis peluang dan tantangan produk ekspor, standarisasi, diversivikasi dan inovasi produk,  Peralatan produksi kopi yang optimal dan efektif berupa bantuan Alat TTG mesin Roasting kopi dan Wet Huler machine,  Pendampingan aspek teknologi dan manajemen,  serta Monitoring dan evaluasi kegiatan.